Home Langka Mudah Belajar Program (Pemrograman Web Bagian 1)

Langka Mudah Belajar Program (Pemrograman Web Bagian 1)

Written By sy@ms on Senin, 19 Januari 2015 | 00.00

[ms] - Salam Senyum sobat blogger. Ma'f ane baru muncul.... Sobat blogger, pada kesempatan kali ini ane mau share bagaimana mempelajari pemrograman berbasis web. Hal ini tentunya berdasarkan pengalaman ane dilapangan, masih banyak temen-temen ane yang susah mau memulai, dan biasanya mau mulai belajar pas udah kepepet alias "The Power of Kefefet".... #just kidding :D

Nah disini ane mau share bagaimana ane mempelajari pemrograman. Tentunya sebelum itu teman-teman memang harus ada kemauan dan bukan setengah-setengah. Ya.... biar lambat yang penting ngerti... :D. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya setia orang mempunyai penalaran dan daya tangkap yang berbeda-beda. Namun hal itu jangan dijadikan momok sehingga sobat-sobat semua akan mundur sebelum berperang #ngomong apaan ya.... Oke... yang penting sobat pada semangat.

Sebelum masuk ke pembahasan, ane punya langkah-langkah dalam belajar program. Langkah-langkah ini memang sedikit menyalai aturan, tapi selama kita memahaminya, it's nevermind. Disini kita belajar tidak secara formal... so... kita belajar sesuai dengan kebutuhan kita. Nah langkah-langkah dari ane adalah :
  • Jika kita baru pertama mengenal bahasa pemrograman, hal yang harus diketahui sobat adalah apa yang membuat sobat tertarik untuk belajar pemrograman. jadika itu sebagai dasar untuk erus belajar.
  • Untuk belajar pemrograman web utnuk pemula, beberapa dasar pemrograman yang harus kita pelajarai, yaitu HTML, CSS, Javascript, PHP, Databases, Jquery/AJAX, Framework. Ini adalah tahapan yang ane pelajari. Namun hal itu bisa dilakukan secara paralel tanpa harus benar-benar memahami setiap pointnya.
  • Jika anda bingung untuk menghadapi pesan kesalahan (error) dan tidak tahu harus bertanya pada siapa.... Gunakan internet sebagai alat bantu sobat. Sobat hanya mengetik pesan kesalahan tersebut di google.
  • Jika logika sudah buntu alias mentok, jangan sia-siakan pena dan kertas sobat. Jadikan alat tersebut sebagai perantara untuk menemukan logika sobat.
  • Jika sobat suka copy-paste kode program, luangkan waktu untuk mempelajari baris" kode program tersebut. Ini juga dapat memperluas logika sobat.
  • Jangan lupa review ulang kode program sobat, bagaimana sobat menulis program, membuat logika, sampai keamanan dan kemudahan. Hal ini dilakukan, sebagai programer harus mengedepankan estetika tersebut, karena membuat program bukanlah sesuatu yang asal"lan atay sekedar jadi, namun harus melihat beberapa aspek yang harus di prioritaskan.
  • Terakhir, jangan lupa ber-terimakasih-lah kepada siapa saja yang sudah membantu sobat, sehingga sobat bisa menjadi lebih hebat dari yang seblumnya dan jangan simpan sendiri ilmu yang sudah sobat dapatkan.
Point diatas merupakan langkah-langkah dari ane, dan untuk belajar pemrograman harus butuh kesabaran, teliti dan mau berfikir. Mungkin hanya sekian untuk langka-langkahnya...
Semoga bisa membantu sobat-sobat, dan Salam senyum selalu sob :D
Langka Mudah Belajar Program (Pemrograman Web Bagian 1)
Judul : Langka Mudah Belajar Program (Pemrograman Web Bagian 1)
Rating : 4.5
Ditulis Oleh : sy@ms
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Langka Mudah Belajar Program (Pemrograman Web Bagian 1) ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya
Share this article :

0 komentar:

Mention At Blogs

Silahkan berkomentar tentang artikel ini ... ?

 
Copyright © 2011. sya[ms]udin - All Rights Reserved
Kembali ke atas